Perpisahan dengan siswa kelas IX

Sarilamak,(Inmas)-Serentetan pagelaran Seni Islam ditampilkan pada acara Perpisahan dengan siswa kelas IX dibeberapa Madrasah dan Pondok pesantren di Kabupaten Limapuluh Kota. Tak ketinggalan Pondok Pesantren Darul Funun El Abbasiyah Padang Japang Kecamatan Guguak.

Perpisahan yang dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Limapuluh Kota H. Gusman Piliang mendapat apresiasi dari berbagai pihak. baik dari Gusman sendiri, orang tua, majlis guru dan komite. Dalam sambutan nya Gusman mengapresiasi pagelaran yang disuguhkan oleh siswa kelas VII sampai XII. Pagelaran seni bernuansakan Islam. Inilah yang harus kita pertahankan. Mewujudkan segala macam perilaku yang mencerminkan bahwa kita adalah siswa madrasah sekaligus santri Pondok Pesantren yang berakhlaqul Karimah.

Lebih lanjut Gusman menjabarkan bahwa Pondok Pesantren tidak boleh kalah dengan madrasah. Pada Dasarnya Ponpes dan madrasah adalah satu kesatuan sebagai sebuah lembaga pendidikan. Pondok Pesantren sendiri harus selalu dikembangkan dan dihidupkan di tengah-tengah masyarakat.Kementerian Agama sebagai Leading Sector akan selalu memberikan bimbingan dan motifasi dalam kemajuan pondok pesantren di Limapuluh Kota, tutup Gusman.

Dari sejumlah madrasah dan Pondok Pesantren yang menggelar perpisahan dengan siswanya Gusman selalu menyempatkan hadir. Darul Funun sendiri adalah kali kedua yang dikunjungi Gusman dalam menghadiri perpisahan setelah sehari sebelumnya di MTsN Dangung-Dangung.

Pada kesempatan yang sama Putra Kubang ini juga menyerahkan Piagam Penghargaan dan bonus kepada santri tahfizh yang telah mencapai target.Adia Putra, Pimpinan Pondok Pesantren Darul Funun El Abbasiyah Padang Japang dalam sambutannya menyamapaikan pada tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 63 santri dari tingkat Tsanawiyah dan 24 orang santri dari tingkat Aliyah telah melaksanakan Ujian Nasional. Satu kebanggaan bagi kami warga Ponpes Darul Funun adalah bahwa pada tahun 2016 Ponpes ini adalah satu-satunya madrasah yang mendapat bimbingan dan pengelolaan dari Kementerian Agama secara khusus.

Mencapai ini semua tidaklah mudah. Segala usaha dan kerja sama dari berbagai pihak telah menjadikan ponpes ini dilirik oleh masyarakat. Untuk itu kami selaku pimpinan mengucapkan terima kasih. semoga dengan segala usaha dan upaya kita akan mengantarkan Pondok Pesantren kearah yang lebih baik, pungkas pria yang sudah memasuki masa purna bakti ini.

Satu hal yang menghidupkan pagelaran perpisahan di Ponpes Darul Funun El Abbasiyah adalah sesi dimana santri, orang tua dan majlis guru disandingkan dan saling memberi maaf. Moment yang cukup menguras air mata bagi para tamu yang hadir.(Nina)|Mira

https://sumbar.kemenag.go.id/berita/366841/gusman-piliang-hidupkanlah-nuansa-pondok-pesantren-di-tengah-tengah-masyarakat

Leave a Reply