POSPENAS Tingkat Kabupaten Limapuluh Kota

Dalam sebuah kompetisi, semangat adalah salah satu modal dasar untuk maju. Percaya Diri adalah sikap yang akan mengiringi langkah seseorang untuk menggapai apa yang diharapkan dari sebuah kompetisi. Jadi bersemangatlah dalam berkompetisi yang diiringi oleh rasa percaya diri. Jangan kalah sebelum bertanding.

Sarilamak, (Inmas). Hal ini disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Limapuluh Kota H. Gusman Piliang pada pembukaan Seleksi Pekan Olah Raga Dan Seni Santri Nasional (POSPENAS) Tingkat Kabupaten Limapuluh Kota. Kegiatan yang berlangsung pada Sabtu (30/07) dilaksanakan di Pondok Pesantren Darul Funun El Abbasiyah Padang Japang.

Dalam arahan dan sambutannya Gusman juga mengatakan bahwa santri Pondok Pesantren harus mampu bersaing dalam segala bidang, bukan hanya dalam bidang agama. Santri Pondok Pesantren adalah mereka yang akan menjadi panutan ditengah-tengah masyarakat. Teruslah kembangkan diri dan potensi yang ada agar tidak canggung dalam bersosialisasi di tengah-tengah masyarakat nantinya.

Gusman juga menompangkan harapan kepada seluruh peserta seleksi agar menjunjung tinggi sikap sportifitas dalam berkompetisi. Semoga dengan seleksi ini akan lahir santri-santri yang akan mengharumkan nama Kementerian Agama Limapuluh Kota di kancah Provinsi dan Nasional nanti, tutup Gusman.

Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren H. Zakaria selaku Ketua Panitia Seleksi menyatakan seleksi ini dilakukan guna mencari bibit-bibit yang akan dibawa nanti pada Pospenas Tingkat Propinsi. Seleksi ini sengaja kita angkatkan guna melihat potensi yang ada pada santri kita. Image selama ini yang menunjukan bahwa santri Pondok Pesantren hanya berkutat pada kitab-kitab tak berbaris akan kita tunjukkan disini. Santri Pondok Pesantren juga punya skill yang handal dibidang olah raga dan seni, jelas Zakaria. Menurut putra Tanah Datar ini juga menjelaskan bahwa ada 162 santri yang berebut tiket ke tingkat propinsi dari tiga cabang lomba olah raga dan lima cabang lomba seni. Dari 12 Pondok Pesantren yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota Alhamdulillah semuanya ikut ambil bagian.

Kita sangat mengapresiasi antusias santri dan para guru kita. Semoga dengan seleksi yang kita adakan akan menelurkan santri-santri yang memilki daya saing yang tinggi dibidang olah raga dan seni, tutup Zakaria.

Dikutip dari informasi yang disampaikan oleh beberapa panitia ada delapan macam cabang yang diperlombakan yaitu Badminton, Tenis Meja, Takraw, Kalighrafi, Seni Lukis Islami, Pidato Tiga Bahasa, Cipta dan Baca Puisi, dan Stand Up Comedy Islami. Semua peserta yang dinyatakan lulus oleh panitia akan dilakukan pembinaan ulang terlebih dahulu.

Jika memungkinkan, maka mereka akan ikut berkompetisi nanti pada Pospenas Tingkat Provinsi yang akan digelar pada 8 sampai 10 Agustus 2016 Mendatang di Padang. (Nina)

https://sumbar.kemenag.go.id/berita/387563/gusman-piliang-buka-pospenas-tingkat-kabupaten-limapuluh-kota

Leave a Reply