Santri PonPes Darul Funun Tembus Al Azhar University

Sarilamak, (Inmas)–Tahun 2016 ini Pondok Pesantren Darul Funun El Abbasiyah (DFA) Padang Japang Kabupaten Limapuluh Kota patut berbangga. Debi Noverantes, salah seorang santri ponpes ini berhasil menembus Al Azhar University. H. Adia Putra, Pimpinan Pondok Pesantren DFA tersenyum sumringah ketika menerima berita ini. Berita kelulusan yang baru Senin pagi (13/06) didapat oleh pria mudah senyum ini. Adia mengatakan syukur yang tak terhingga.

Ini prestasi yang sangat membanggakan bagi kami para majlis guru. Kenapa tidak, setiap tahun selalu ada santri kami yang mencoba masuk ke perguruan tinggi ternama itu, baru kali ini santri kami lulus. Alhamdulillah syukur yang teramat sangat kami ucapkan”, tutur adia dengan mata berkaca-kaca.

Ia juga menambahkan prestasi ini kita peroleh karena kerjasama yang ikhlas dari santri dan guru. Kami sebagai pimpinan selalu memotivasi guru untuk mentransfer ilmu dengan ikhlas. Jangan hanya mengharapkan gaji atau honor. Mengajarlah dengan ikhlas. Kepada santri kami juga menyampaikan bahwa datang dan belajarlah di pondok pesantren dengan ikhlas agar ilmu menjadi berkah. Alhamdulillah dengan niat yang ikhlas santri kami banyak yang lulus di Perguruan Tinggi ternama baik di Sumatera maupun di Pulau Jawa.

“Alhamdulillah untuk keberangkatan Debi, yayasan dan pihak pondok pesantren berinisiatif untuk mengumpulkan dana dari kaum muslimin dan muslimat dan telah terkumpul dana 20 juta rupiah. InsyaAllah anak kita akan berangkat dipertengahan Agustus mendatang”, urai Adia.

H. Zakaria, Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren menyatakan selamat kepada Debi Noverantes, yang telah mengharumkan nama Pondok Pesantren Limapuluh Kota. Kami sebagai Kepala Seksi yang membidangi Pondok Pesantren merasa sangat bersyukur. Kita berdoa akan lahir lagi santri Pondok Pesantren yang bisa mengikuti jejak Debi. Kita akan terus mensupport santri-santri kita untuk terus berprestasi, kepada Pondok Pesantren DFA kami ucapkan selamat. Inilah buah kerja keras pimpinan para majlis guru selama ini. Semoga akan menjadi amal pahala di sisi Allah SWT, ucap Zakaria.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Limapuluh Kota H. Gusman Piliang ditemui diruang kerjanya menyampaikan apresiasi kepada Pondok Pesantren DFA atas prestasi siswanya yang patut diacungi jempol.

“Ini sejarah baru dunia pendidikan di Ponpes DFA. Kita bangga dan bersyukur untuk itu. Kita berharap kepada Debi untuk serius menimba ilmu disana agar berguna bagi pribadinya dan bagi masyarakat. Terkait dengan dana untuk keberangkatan Debi, kami menyarakankan agar yang bersangkutan mengajukan permohonan kepada Baznas Limapuluh Kota dan kita akan merekomendasikannya”, tutur Gusman.

Debi Noverantes termasuk salah santu santri yang berprestasi di DFA. Ia juga seorang hafizh. Ia pernah mewakili Limapuluh Kota dalam ajang Lomba Musabaqoh Kiraatil Kutub Tingkat Provinsi Sumatera Barat. Berasal dari keluarga kurang mampu tidak menyurutkan semangatnya dalam belajar. Selamat Debi semoga di Perguruan tinggi idamanmu akan terlahir prestasi-prestasi membanggakan. Terkait juga dengan prestasi Pondok Pesantren DFA, untuk tahun pelajaran 2016/2017 dari hasil UN tingkat SMA se Kabupaten Limapuluh Kota DFA memperoleh peringkat III indeks integritas bidang study IPA dan peringkat IV dibidang IPS.(Nina)|DW

Leave a Reply